Tidur vs Mengantuk Bedanya yang Tidak Terlihat

Tidur vs Mengantuk Bedanya yang Tidak Terlihat

Tidur dan mengantuk, duet maut yang sering digabungin ke dalam satu kantong, tapi sebenarnya, keduanya punya karakteristik yang beda. Di balik kesan ‘Biasa Aja’, namun ada perbedaan mendasar di antara kedua ini yang sayang banget kalau kita nggak sadari.

Tidur seperti ngejalanin proses biologis yang rumit banget, mirip bengkel canggih buat badan dan otak kita. Saat tidur, badan dan otak lagi pada ngerestart dirinya dari kerja keras seharian. Badan kita lagi pada perbaiki jaringan-jaringan yang rusak, otak lagi nge-konsolidasi memori-memori yang terbaru, plus ngasih ‘power up’ buat sistem kekebalan tubuh. Ada fase-fase khusus juga untuk tidur ini seperti, tidur ringan, tidur dalam, sampe fase REM (Rapid Eye Movement) yang biasanya pas lagi nyerempet mimpi-mimpi indah “Bukan mimpi basah ya..!!”.

Berbeda cerita dengan mengantuk. Ini bisa berupa sinyal darurat dari otak kita, ngingetin kalo badan sudah butuh istirahat sesegera mungkin. Alarm bawaan tubuh ini sedang ngasih tau kalau energi kita udah abis dan perlu di-recharge. Sangat berbeda banget sama tidur. Kalo lagi mengantuk, kita masih bisa aja sadar sama lingkungan sekitar kita, meskipun mungkin fokusnya udah nggak 100%….. (Cewek semok lewat ilang tuh ngantuk…!!)

Kalau soal durasi, tidur biasanya bikin kita ngedapetin waktu istirahat yang lebih lama dan teratur “tidur normalnya 8 jam…jika 24 jam gag bangun-bangun itu namanya koma tanpa tanda titik..!”. Kalo mengantuk, ya bisa dateng kapan aja, nggak ada halangannya. Contohnya, bisa aja kita merasa mengantuk waktu lagi nonton pertandingan bola tengah malam, tapi nggak akan langsung terlelap kan? Kita masih bisa ikutin acara yang lagi kita tonton…..”Ada acara bagus aja, sampe matahari mulai terbit itu TV di pelototin”.

Makanya, tidur dan mengantuk ini punya peran yang sangat penting sekali terutama buat kesehatan tubuh kita. Tidur yang cukup dan berkualitas mampu membuat badan kita jadi fresh lagi, kayak abis mandi wajib dipagi hari. Sementara mengantuk itu seperti lampu merah yang ngasih kode buat kita untuk istirahat lebih banyak. Kurang tidur dan kurang istirahat bisa bikin otak dan badan kita jadi lemot, ganggu konsentrasi, dan bikin mood kita jadi down…. (lemah, letih, lesu dan kurang bergairah).

Perlu sekali rasanya ngasih perhatian lebih (jangan berlebihan….gunakan kewarasan) untuk kebutuhan tidur dan mengantuk ini. Jadikan lingkungan tidur yang cozy, jaga rutinitas tidur, serta hindarin hal-hal yang bisa mengganggu tidur. Selain itu kitapun juga harus dengerin isyarat tubuh dan kasih waktu buat istirahat lebih banyak kalo lagi mengantuk.

Meskipun seringnya kita menganggap sama namun kenyataannya sangat berbeda. Tidur dan mengantuk itu ibarat “dua biji yang saling begelantungan sejak lama…saking lamanya sudah seperti adik dan kakak yang punya kelebihan dan keunikan masing-masing”….”jika biji besarnya gag seimbang (besar sebelah) alangkah baiknya pergi ke dokter karena itu namanya hernia”. Pahami perbedaan tidur dan mengantuk ini agar kita bisa lebih ngerawat badan dan otak dengan lebih baik.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *