Kenapa Emas Tidak Bisa Nempel di Magnet?

Kenapa Emas Tidak Bisa Nempel di Magnet?

Kamu tau alesan kenapa emas gak bisa nempel di magnet? Gini, emas kan merupakan logam mulia yang paling banyak diminati karena kegunaannya, tapi anehnya dia gak bisa klepek-klepek sama magnet (cie…cie… si magnet di cuekin..!). Ini bikin banyak orang penasaran, apalagi yang demen ilmu fisika dan kimia.

Yang pertama, kita harus paham dulu soal magnetisme. Magnetisme itu kayak sifat fisika yang bikin benda bisa tertarik atau ditolak (di tolak bukan jodoh, ditarik…itu namanya maksa) sama benda lain karena medan magnet yang dihasilkan. Magnet punya dua sisi, yaitu utara dan selatan (barat dan timur ntah kemana..??), untuk medan magnetnya jalan dari utara ke selatan. Jika kedua medan magnet ini didekatkan, mereka bisa saling tarik menarik atau bahkan tolak menolak tergantung arah kutubnya. (kalo utara ke barat jika mampu mendekat itu artinya meraka selingkuh)..

Kebanyakan logam yang ada pada umumnya mempunyai sifat magnetik, dikarenakan bisa ‘tertarik…terpikat….terpesona’ dengan medan magnet (kayak belajar waktu ESEMPE). Namun juga ada beberapa diantaranya logam tersebut tidak memiliki sifat magnetik sama sekali bahkan cukup lemah, contohnya emas.

Sifat magnetik suatu benda itu tergantung sama struktur atomnya (ingat ya bukan bom atom). Atom yang ada didalam logam inilah yang membuat elektron-elektron menjadi seperti magnet kecil. Jika atom ini dikemas dalam struktur kristal, mereka bisa interaksi dan bikin medan magnet. Tapi atom-atom dalam emas gak punya konfigurasi yang bisa bikin magnetisme kayak gitu.

Emas memiliki struktur atom yang stabil dan tidak terdapat elektron yang bisa menjadikannya magnet kecil. Dalam model atom, ada orbit elektron di sekitar inti atom. Setiap orbit sanggup menampung sejumlah elektron tertentu. Atom-atom emas ini lah yang memiliki orbit penuh, jadi gak ada elektron yang tertangkap atau jadi kayak magnet kecil yang bisa bikin emas punya sifat magnetik.

Selain struktur atomnya, emas juga punya sifat konduktivitas listrik yang GG banget dan tahan banting sama korosi atau karatan. Gabungan sifat-sifat unik inilah yang bikin emas jadi sangat berharga sekali di berbagai bidang, mulai dari perhiasan sampe teknologi tinggi kayak komponen elektronik.

Kalo ngomongin soal interaksi antara emas dan magnet, meskipun emas gak bisa ditarik sama medan magnet kayak logam yang punya sifat magnetik, itu gak berarti emas gak bisa terpengaruh dengan medan magnet sama sekali. Medan magnet tetep bisa ngaruhin elektron-elektron dalam atom emas, walopun efeknya kecil sekali.

Dalam eksperimen lab yang bener-bener hati-hati yang dilakukan oleh orang-orang yang ahli dibidangnya (profesional)… (contohnya miyabi yang sudah pensiun dini….), mungkin mereka bisa melihat efek ini. Namun kalo kita ngeliatnya dari jauh atau ngelakuin percobaan sederhana kayak nyoba narik potongan emas kecil pake magnet (coba sendiri alias solo player), kita gak bakalan mampu melihat reaksi yang signifikan dikarenakan efeknya bener-bener kecil.

Karena emas punya banyak sifat unik yang berbeda dari logam pada umumnya,maka dia menjadi sangat istimewa, dia gak bisa nempel di magnet karena struktur atomnya yang stabil dan gak ada elektron yang bisa menjadikannya magnet kecil. Walaupun dia gak bisa nempel di magnet, emas tetep menjadi salah satu logam yang paling berharga di dunia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *