Usia Bukan Penghalang, Raih Karirmu!

Usia Bukan Penghalang, Raih Karirmu!

Cerita tentang nyari kerja itu seperti petualangan seru di hutan belantara (banyak halangan dan rintangannya), tapi ternyata ada aja jeratan yang bikin gregetan. Salah satunya tuh soal usia. Udah jadi rahasia umum, Indo punya tendensi buat berat sebelah soal angka di KTP buat lamaran kerja. Tapi, tunggu dulu! Jangan meremehkan dirimu sendiri! Mari, kita pecahkan rahasia gimana cara bikin usia menjadi keuntungan, bukan batu sandungan!

  1. Usia? Cuma Sebuah Nomor!

Kamu tahu gak? Usia itu kayak catatan kecil di buku kehidupan, bukan penentu segalanya. Kenapa harus takut sama angka? Mending, kita fokus cari tahu alasan kenapa perusahaan kepincut sama usia. Apa mereka butuh energi segar (daun muda) atau pengalaman yang mumpuni? Begitu kamu paham, jalan keluarnya bakal lebih terang benderang!

  1. Tetap Stand Out dengan Gayamu

Kalau yang lain cuma melongoin usia, kamu bisa ngebuat beda! Dengan cara tingkatkan skill dan kreativitas. Kamu bisa nambahin nilai jual dengan nampilin karya-karya yang unik dan beda dari yang lain. Bikin CV dan portfolio yang menarik dan berbeda akan bikin kamu lebih mencolok di mata recruiter!

  1. Jangan Menyarah cari Peluang Lainnya

Gak perlu pasrah sama yang konvensional (masih mensyaratkan usia untuk pelamar), Segera cari tau lowongan kerja dari berbagai sumber yang ada. Jelajahi media sosial, mendaftarkan diri untuk menjadi anggota di komunitas online, atau bahkan cobain cold emailing ke perusahaan yang kamu impikan. Peluang itu gak akan datang sendiri, kamu yang harus ngejar!

  1. Bangun Jaringan Sosial yang Kekinian

Makanya dari sekarang mulai bangun relasi yang kuat di dunia maya. Aktif di platform-platform profesional kayak LinkedIn, ikutan webinar, atau gabung di grup diskusi yang relevan dengan bidang kerjamu. Siapa tahu, dari situlah bakal muncul kesempatan emas!

  1. Stay Positive dan Tetap Percaya Diri

Percaya deh, energi positif bisa ngebuat apa pun jadi mungkin (jika TUHAN berkehendak apapun bisa terjadi tanpa terkecuali) ! Jangan biarin rasa minder dan putus asa ngalahin semangat kamu. Setiap penolakan dan hambatan itu cuma peluang buat kamu belajar dan berkembang. Yakinlah, di balik badai pasti ada pelangi!

  1. Tolak Segala Bentuk Diskriminasi

Kamu itu berharga, gak peduli berapa angka di KTP kamu. Jangan pernah takut buat lawan segala bentuk diskriminasi, termasuk yang berhubungan sama usia. Kalo kamu merasa pernah didiskriminasi, jangan ragu buat melaporkan. Ingat, hak kamu harus dihargai!

Gak perlu cemas sama angka di KTP! Usia itu cuma satu bagian kecil dari puzzle kehidupan kamu. Dengan sikap yang positif, usaha keras, dan kreativitas yang membara, kamu pasti bisa jadi bintang di dunia kerja! Luar biasa itu bukan soal angka, tapi tentang semangat dan keberanian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *